LKS Bab 3 Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi

LKS Bab 3 Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi Sosial dan Budaya IPS Kelas 8. Mengassah kemampuan menjadi cara terbaik kakak belajar. Berlatih menambah daya ingat dan pemahaman yang kompleks dari materi menjadi lebih terstruktur belajar materinya. Cara dan strategi yang tepat dan rutin kakak laksanakan memudahkan memahami materi pelajaran. Yuk berlatih kakak.

 


 

Berikut adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Bab 3: Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, dan Budaya, IPS Kelas 8 Semester 1.

 

📄 LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Mata Pelajaran IPS – Kelas 8 Semester 1

Bab 3: Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, dan Budaya

 

🧾 Identitas Siswa

  • Nama Siswa: ....................................................
  • Kelas: ..............................................................
  • Hari/Tanggal: ...................................................

 

🎯 Tujuan Pembelajaran

Melalui LKS ini, siswa dapat:

  • Mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan suatu wilayah.
  • Menjelaskan interaksi antarruang dan dampaknya terhadap ekonomi, sosial, dan budaya.
  • Menunjukkan pemahaman terhadap pentingnya kerja sama antarwilayah.

 

📘 Bagian A – Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Wilayah dengan sumber daya tambang yang melimpah memiliki keunggulan di bidang...
A. Sosial
B. Budaya
C. Ekonomi

D. Transportasi

2. Salah satu dampak keterbatasan sumber daya adalah...
A. Produksi berlimpah
B. Terjadinya ketergantungan antarruang

C. Harga barang turun
D. Semua wilayah menjadi mandiri

3. Interaksi antarwilayah yang terjadi karena adanya perbedaan potensi disebut...
A. Kompetisi
B. Integrasi
C. Interdependensi

D. Konsumsi

4. Contoh kegiatan budaya yang dipengaruhi oleh interaksi antarruang adalah...
A. Pasar tradisional
B. Upacara adat
C. Festival kuliner nusantara

D. Musyawarah desa

 

✍️ Bagian B – Jawaban Singkat

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keunggulan suatu wilayah!
.........................................................................................................
.........................................................................................................

2. Sebutkan dua contoh keterbatasan suatu wilayah yang menyebabkan kebutuhan akan wilayah lain!
a. ......................................................................
b. ......................................................................

3. Apa dampak positif dari adanya perdagangan antarwilayah?
.........................................................................................................
.........................................................................................................

 

📊 Bagian C – Analisis Peta Potensi Wilayah

Petunjuk: Amati tabel potensi wilayah berikut, kemudian jawab pertanyaannya!

Wilayah

Potensi Utama

Papua

Tambang emas dan tembaga

Kalimantan

Hutan dan batu bara

Jawa

Pertanian dan industri

Bali

Pariwisata dan budaya

1. Wilayah mana yang berpotensi menjadi pusat industri nasional? Mengapa?
...........................................................................................

2. Jelaskan bagaimana potensi Papua bisa dimanfaatkan wilayah lain!
...........................................................................................

3. Jika kamu tinggal di Jawa, apa manfaat dari interaksi antarruang dengan Kalimantan?
...........................................................................................

 

🧠 Bagian D – Refleksi Diri

Tulislah satu contoh nyata yang pernah kamu alami atau ketahui tentang kegiatan antarruang (misalnya perdagangan, wisata, migrasi):

📝 Contoh saya: ……………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………

 

🎨 Tugas Kreatif (Opsional Kelompok)

Buatlah PETA TEMATIK atau POSTER digital/fisik yang menggambarkan:

  • Keunggulan wilayah kamu (kabupaten/kota)
  • Hubungan ekonomi, sosial, dan budaya dengan wilayah lain

📌 Tugas ini boleh dikerjakan secara berkelompok 3–4 orang. Sertakan gambar, warna, dan informasi yang menarik!

 

Penilaian

Aspek Penilaian

Skor Maksimal

Pemahaman Konsep

40

Analisis dan Argumentasi

30

Kreativitas Tugas Tambahan

20

Kerapian dan Kedisiplinan

10

Total

100

 

Selamat belajar mengerjakan soal soal latihan mata pelajaran favorit kakak. Mulai belajar sekarang ya kakak, kami siap membantu dan memberikan fasilatornya.

 

0 comments