LKS Bab 3 Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi
LKS Bab 3 Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Pengaruhnya terhadap
Kegiatan Ekonomi Sosial dan Budaya IPS Kelas 8. Mengassah kemampuan menjadi cara terbaik kakak belajar. Berlatih
menambah daya ingat dan pemahaman yang kompleks dari materi menjadi lebih terstruktur
belajar materinya. Cara dan strategi yang tepat dan rutin kakak laksanakan
memudahkan memahami materi pelajaran. Yuk berlatih kakak.
Berikut
adalah Lembar Kerja Siswa (LKS)
untuk Bab 3: Keunggulan dan
Keterbatasan Antarruang serta Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial,
dan Budaya, IPS Kelas 8 Semester
1.
📄 LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Mata
Pelajaran IPS – Kelas 8 Semester 1
Bab 3:
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Pengaruhnya terhadap Kegiatan
Ekonomi, Sosial, dan Budaya
🧾
Identitas Siswa
- Nama Siswa:
....................................................
- Kelas:
..............................................................
- Hari/Tanggal:
...................................................
🎯 Tujuan
Pembelajaran
Melalui
LKS ini, siswa dapat:
- Mengidentifikasi
keunggulan dan keterbatasan suatu wilayah.
- Menjelaskan
interaksi antarruang dan dampaknya terhadap ekonomi, sosial, dan budaya.
- Menunjukkan
pemahaman terhadap pentingnya kerja sama antarwilayah.
📘 Bagian A
– Pilihan Ganda
Pilihlah
jawaban yang paling tepat!
1. Wilayah dengan sumber daya tambang
yang melimpah memiliki keunggulan di bidang...
A. Sosial
B. Budaya
C. Ekonomi ✅
D. Transportasi
2. Salah satu dampak keterbatasan
sumber daya adalah...
A. Produksi berlimpah
B. Terjadinya ketergantungan antarruang ✅
C. Harga barang turun
D. Semua wilayah menjadi mandiri
3. Interaksi antarwilayah yang terjadi
karena adanya perbedaan potensi disebut...
A. Kompetisi
B. Integrasi
C. Interdependensi ✅
D. Konsumsi
4. Contoh kegiatan budaya yang
dipengaruhi oleh interaksi antarruang adalah...
A. Pasar tradisional
B. Upacara adat
C. Festival kuliner nusantara ✅
D. Musyawarah desa
✍️ Bagian B
– Jawaban Singkat
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
keunggulan suatu wilayah!
.........................................................................................................
.........................................................................................................
2. Sebutkan dua contoh keterbatasan
suatu wilayah yang menyebabkan kebutuhan akan wilayah lain!
a. ......................................................................
b. ......................................................................
3. Apa dampak positif dari adanya
perdagangan antarwilayah?
.........................................................................................................
.........................................................................................................
📊 Bagian C
– Analisis Peta Potensi Wilayah
Petunjuk: Amati tabel potensi wilayah
berikut, kemudian jawab pertanyaannya!
Wilayah |
Potensi
Utama |
Papua |
Tambang emas dan tembaga |
Kalimantan |
Hutan dan batu bara |
Jawa |
Pertanian dan industri |
Bali |
Pariwisata dan budaya |
1. Wilayah mana yang berpotensi
menjadi pusat industri nasional? Mengapa?
...........................................................................................
2. Jelaskan bagaimana potensi Papua
bisa dimanfaatkan wilayah lain!
...........................................................................................
3. Jika kamu tinggal di Jawa, apa
manfaat dari interaksi antarruang dengan Kalimantan?
...........................................................................................
🧠
Bagian D – Refleksi Diri
Tulislah satu contoh nyata yang pernah kamu alami
atau ketahui tentang kegiatan antarruang (misalnya perdagangan, wisata,
migrasi):
📝
Contoh saya:
……………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
🎨 Tugas
Kreatif (Opsional Kelompok)
Buatlah PETA TEMATIK atau POSTER digital/fisik
yang menggambarkan:
- Keunggulan
wilayah kamu (kabupaten/kota)
- Hubungan
ekonomi, sosial, dan budaya dengan wilayah lain
📌
Tugas ini boleh dikerjakan secara berkelompok 3–4 orang. Sertakan gambar,
warna, dan informasi yang menarik!
✅ Penilaian
Aspek
Penilaian |
Skor
Maksimal |
Pemahaman Konsep |
40 |
Analisis dan Argumentasi |
30 |
Kreativitas Tugas Tambahan |
20 |
Kerapian dan Kedisiplinan |
10 |
Total |
100 |
Selamat belajar mengerjakan
soal soal latihan mata pelajaran favorit kakak. Mulai belajar sekarang ya
kakak, kami siap membantu dan memberikan fasilatornya.
0 comments